Artikel Kesehatan

5 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan >> Buah kurma sangat identik dengan bulan suci Ramadhan, bahkan malah menjadi makanan wajib saat berbuka puasa. Dan, itu terjadi bukan tanpa alasan loh. Ternyata dari hasil penelitian para ahli mengungkapkan bahwa buah kurma memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika anda ingin mengetahuinya maka anda simak ulasan berikut ini sampai selelasi.

7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Antioksidan tinggi

Penelitian tentang khasiat kurma sebagai sumber antioksidan telah banyak dilakukan, dan salah satunya pada penelitian di Arab Saudi. Aktivitas antioksidan ekstrak etanol 80% pada buah kurma dapat memberikan nilai IC50 sebesar 84,92 ppm dan menunjukkan angka 600,3 mg / 100 mg d-cathecin. Ini berarti bahwa sari buah kurma merupakan zat yang berkhasiat antioksidan kuat. Ada tiga jenis antioksidan yang dikandung dalam buah kurma, diantaranya adalah :

  1. Asam fenolik : Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker ( obat herbal kanker ) dan penyakit jantung.
  2. Flavonoid : Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah diteliti potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  3. Karotenoid : Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.

2. Mengandung banyak nutrisi

Buah kurma memiliki nutrisi yang sangat baik. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Namun kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting dan mengandung antioksidan tinggi.

Dalam satu porsi kurma atau setara dengan 100 gram, mengandung nutrisi sebanyak: 277 Kalori, 75 gram Karbohidrat, 7 gram Serat, 2 gram Protein, 20 persen Kalium, 14 persen Magnesium, 18 persen Tembaga, 15 persen Mangan, 5 persen Besi, dan 12 persen Vitamin B6.

3. Tinggi serat

Dengan 7 gram serat dalam prosi 100 gram, kurma termasuk dalam buah yang dapat memenuhi asupan serat harian. Kandungan serat pada buah kurma sangat penting dalam membantu pergerakan usus dan memperlancar sistem pencernaan, misalnya mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Bahkan suatu penelitian menunjukkan, bahwa 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan memiliki peningkatan yang signifikan dalam pergerakan usus dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Selain bermanfaat untuk pencernaan, serat kurma juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena mengandung indeks glikemik rendah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap terasa kenyal serta lembut, kamu butuh asupan vitamin C dan D. Kabar baiknya ialah bahwa buah kurma kaya akan kedua vitamin tersebut, sehingga kalau mengonsumsi buah ini kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Bisa dibilang, kurma bisa menjaga kesehatan kulit kamu serta memiliki khasiat anti-aging.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Yah, buah kurma bisa meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak kamu. Berkat kandungan potasium yang ada di dalamnya, kurma jadi buah yang ideal untuk mendorong kesehatan dan fungsi sistem saraf tubuh, ermasuk pula sistem saraf otak.

Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan tanda inflamasi di otak, seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif semacam Alzheimer.

Penelitian lain pada hewan menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk di otak dapat mengakibatkan gangguan komunikasi antara sel-sel otak, dan yang lebih parah dapat menyebabkan kematian sel otak.

6. Memperkuat tulang

Kurma yang telah dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang mana jadi hal yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Mengingat wanita lebih mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, tak ada salahnya untuk rutin memasukkan buah kurma ke menu makanan kamu.

7. Mempermudah persalinan

Ini mungkin sangat mengejutkan, tapi ini memang benar adanya. Sebuah penelitian, 69 wanita yang mengonsumsi 6 buah kurma per hari selama 4 minggu sebelum melahirkan, menunjukkan 20 persen lebih mungkin untuk melahirkan secara alami atau normal daripada yang tidak mengonsumsinya.

Mengonsumsi kurma di beberapa minggu terakhir masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Lainnya

Selain 7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan diatas, sebenarnya masih banyak lagi khasiat dan manfaat buah kurma yang tak kalah menakjubkan, seperi dapat menurunkan berat badan, mengatasi anemia, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan pernapasan, pencegah ambeien, mengurangi resiko kolitis, mencegah kanker usus besar, dan impoten. Info Terkait : Obat Kista Ateroma Di Apotik

Post by : Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *